SOSIALISASI HaKI BAGI PELAKU UMKM KECAMATAN TURI

Sosialisasi HaKI bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Turi dilaksanakan pada Selasa (26/11/2019). HaKI kependekan dari Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Pelaku UMKM Kecamatan Turi

HKI merupakan suatu legalitas dan pelindungan terhadap Merek, Cipta dan Desain Industri agar produk UKM / Usaha masyarakat dapat terlindungi di mata Hukum.

Klasifikasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) terbagi dalam dua kategori, yaitu : Hak Cipta, Hak Merek, Hak Desain  Industri.

Dalam rangka  mendukung penetapan Kabupaten Sleman sebagai Kawasan Berbudaya Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) oleh Kementerian Hukum dan HAM RI sejak tahun 2013. Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Bidang Perekonomian memberikan bantuan  berupa dana stimulan biaya Sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual pada tahun 2019.

Bagi Pelaku UMKM yang menginginkan pendaftaran hasil kreativitasnya agar mendaftar kelegalan secara hukum, bisa mengajukan permohonan stimulan biaya sertifikasi  HaKI kepada Pemerintah Kabupaten Sleman dengan mengajukan proposal dan melengkapi persyaratan yang ada.

Proposal dan Surat Keterangan UKM dikumpulkan di masing-masing Forkom UMKM Desa, lalu diserahkan ke Kecamatan Turi, kemudian secara kolektif diantar ke bagian perekonomian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *