Pembinaan Lokus Puspa Semanggem

Pemerintah Kapanewon Turi diundang dalam kegiatan Pembinaan Lokasi Fokus (Lokus) Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) di Balai Kalurahan Girikerto pada hari Senin, 14 Juni 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman. Berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 14.1/Kep.KDH/A/2021, Kalurahan Girikerto ditunjuk menjadi salah satu Kalurahan Lokasi Fokus Prioritas Penanggulangan Stunting Tahun 2021.

“Pembinaan Lokus PUSPA ini mengambil tema Semangat Melindungi Generasi Emas atau disingkat dengan SEMANGGEM,” papar Ambar Sulistyaningrum selalu Kepala Seksi Kualitas Hidup Perempuan Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut, Ambar menjelaskan makna Semanggem adalah anak-anak diharapkan dapat menjadi generasi emas bagi Indonesia yang harus dilindungi sejak dari dalam kandungan. Ambar mengatakan kalurahan Girikerto ditunjuk sebagai Lokus PUSPA SEMANGGEM dikarenakan beberapa hal, antara lain Girikerto merupakan desa mandiri budaya, desa preneur, desa wisata, dan desa prima.

“Selain karena alasan tersebut juga karena angka stunting di Kalurahan Girikerto ini terbilang cukup tinggi dibanding Kalurahan lain di Kapanewon Turi,” lanjut Ambar.

Ambar juga menjelaskan mengenai arahan Presiden terhadap adanya Lokus PUSPA ini antara lain untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kewirausahaan yang responsif gender, meningkatkan peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan anak, menurunkan angka Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (KtPA), menurunkan angka pekerja anak, serta mencegah perkawinan anak.

“Kami berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial, tapi akan ada tindak lanjutnya,” kata Ambar. Sebagai salah satu wujud tindak lanjut, akan ada monitoring dan evaluasi selama 6 bulan sekali. Selain itu, program ini akan dikolaborasikan dengan program bidang yang lain, sehingga bukan hanya menjadi program Bidang Pemberdayaan Perempuan saja. [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*