Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Pemerintah Kapanewon Turi diundang dalam acara Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman pada Senin, 31 Mei 2021.

Dalam acara tersebut dijelaskan mengenai panduan dan petunjuk teknis (juknis) PPDB SMP Tahun 2021 yang menggunakan 4 jenis sistem atau jalur.

“Terdapat empat jalur pendaftaran bagi SMP Negeri di Kabupaten Sleman, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur pindah tugas, dan jalur prestasi,” jelas Ery Widaryana selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Adapun untuk sekolah swasta dan sekolah negeri yang belum terpenuhi daya tampungnya tidak mengikuti sistem empat jalur tersebut.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir juga Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dwi Warni Yuliastuti, yang menjelaskan mengenai juknis PPDB SMP secara terperinci. Semua proses PPDB SMP akan dilakukan melalui laman https://sleman.siap-ppdb.com/ mulai tanggal 17 Juni 2021.

“Yang menjadi masalah pada PPDB tahun lalu adalah ada beberapa siswa yang ‘mendua’, yaitu mendaftar ke sekolah negeri dan swasta secara bersamaan karena khawatir tidak mendapatkan kursi di SMP Negeri,” papar Dwi.

Lebih lanjut, Ery menyampaikan bahwa kapasitas seluruh SMP di Kabupaten Sleman mempunyai daya tampung melebihi jumlah siswa. Namun, khusus untuk SMP Negeri Ery menyebutkan bahwa hanya terdapat sekitar 7.904 kursi dibandingkan prediksi keseluruhan siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2021/2022 yang mencapai kurang lebih 16.000.

“Perlu digarisbawahi, 7.904 kursi itu hanya di SMP Negeri, belum termasuk kursi di SMP Swasta. Jadi dapat dipastikan besok tidak akan ada kekurangan daya tampung bagi lulusan SD untuk masuk ke bangku SMP,” ungkap Ery.

Dwi menegaskan bahwa PPDB SMP Tahun 2021 ini setiap siswa hanya dapat mendaftar melalui 1 jalur untuk meminimalisir terjadinya kasus yang sama, diikuti dengan beberapa aturan tertentu lainnya.

“Adanya sistem PPDB sekarang ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas semua sekolah. Kita harus siap dan terbuka dengan pembaharuan ini,” pungkas Dwi.

Tak lupa Dwi  juga menyampaikan informasi kontak posko layanan PPDB yang diharapkan dapat membantu dan menjawab pertanyaan masyarakat terkait sistem PPDB tahun ini. Begitu pula dengan Pemerintahan Kapanewon Turi, diharapkan dapat menjadi tempat terdekat bagi masyarakat yang ingin menggali informasi mengenai PPDB SMP di Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2021/2022.

Lebih jelas mengenai juknis PPDB SMP dapat diunduh di laman: http://bit.ly/ppdbsmp-sleman21. [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*