Pembagian Sembako untuk Fakir Miskin dan Anak Yatim

Pemerintah Kapanewon Turi bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sleman mengadakan pembagian sembako untuk fakir miskin dan anak yatim di wilayah Kapanewon Turi pada Jum’at, 23 April 2021.

Muhyi Darmadji, S.Ag., M.Pd.I beserta Drs. Djumroni, M.Pd selaku Wakil Ketua III dan Wakil Ketua IV BAZNAS Kabupaten Sleman hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-105 Kabupaten Sleman yang bertepatan dengan bulan Ramadhan 1442 Hijriah,” tutur Djumroni, Wakil Ketua bidang Administrasi, Sumber Daya Manusia, dan Umum, memberikan sambutan pada pertemuan itu.

Sesuai dengan tema yaitu “Optimalisasi Potensi Lokal Dalam Rangka Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat”, diharapkan pemberian bantuan sembako ini dapat sedikit membantu meringankan beban perekonomian warga miskin yang terdampak covid-19.

“Total paket sembako yang dibagikan adalah 100 paket,” terang Azwar Effendi, S.H. selaku Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Turi.

Adapun sasaran pembagian sembako tersebut antara lain warga fakir miskin dan warga fakir miskin dengan kondisi disabilitas. Sedangkan untuk anak yatim diberikan bingkisan khusus berupa perlengkapan sekolah dan bantuan uang tunai.

Selain fakir miskin dan anak yatim, BAZNAS juga memberikan santunan atau tali asih kepada kurang lebih 100 orang kaum rois di wilayah Kapanewon Turi.

“Anggaran ini kami peroleh dari hasil pengumpulan zakat, infaq, dan shodaqoh dari Bapak Ibu ASN di Pemerintah Kabupaten Sleman. Salah satunya kami pergunakan untuk santunan kaum rois,” jelas Muhyi Darmadji, Wakil Ketua bidang Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan BAZNAS Kabupaten Sleman.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, sembako diberikan secara simbolis oleh pihak Pemerintah Kapanewon Turi dan BAZNAS Kabupaten Sleman kepada Kamituwo masing-masing Kalurahan. Selanjutnya dari setiap Kalurahan diwajibkan menyalurkannya secara langsung kepada warga yang berhak menerima. [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*