Keutamaan Puasa Ramadhan

Pemerintah Kapanewon Turi mengadakan kegiatan Pembinaan Rohani pada hari Jum’at tanggal 9 April 2021.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Bapak Basuki Kasihono yang diundang untuk menjadi narasumber dengan tema “Keutamaan Puasa Ramadhan bagi Muslim”.

Basuki Kasihonon memberikan Pembinaan Rohani

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” papar Basuki membuka pengajian, mengutip dari salah satu ayat dalam Al-Qur’an.

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan baik yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, khususnya Umat Islam. Di bulan Ramadhan ini Allah menjanjikan limpahan berkah dan karunia bagi Umat Islam yang taat dan mau menjalankan kewajiban ibadahnya. Salah satu ibadah wajib di bulan Ramadhan adalah berpuasa.

Meskipun nuansa Ramadhan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi covid-19, diharapkan setiap umat muslim dapat beribadah dengan khusyu’. Selain karena adanya sifat wajib untuk berpuasa Ramadhan, terdapat berbagai manfaat yang dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

“Puasa itu bukan proses penyiksaan, melainkan sebuah penggemblengan diri agar terbiasa hidup dalam pengendalian ketaatan,” jelas Basuki.

Lebih lanjut, Basuki menerangkan beberapa manfaat dari puasa yaitu membiasaakan orang untuk takut kepada Allah SWT baik dalam keadaan sendiri maupun sedang bersama orang banyak. Selain itu terdapat keutamaan puasa lainnya seperti puasa dapat mengendalikan hawa nafsu, melatih diri untuk selalu bersikap mengasihi dan menyayangi, mendorong diri untuk senantiasa bersedekah, juga membiasakan diri untuk teratur dalam menjalani hidup. [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*