Pegawai Kapanewon Turi Sudah Vaksinasi Covid-19

Salah satu PNS Kapanewon Turi Menerima Suntikan Vaksin Covid-19

Pegawai di lingkungan Kapanewon Turi telah menerima vaksin covid-19 di Puskesmas Turi pada Kamis, 4 Maret 2021.

Sinovac, vaksin covid-19, diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tanggal 13 Januari 2021. Saat itu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mendapatkan suntikan pertama kali. Sesaat kemudian dilakukan launching vaksin covid-19 di tingkat daerah sehingga pegawai di daerah pun berhak mendapatkan suntikan, begitu pula dengan pagawai di tingkat Kapanewon Turi.

Sebelum mengikuti program vaksinasi, pegawai di lingkungan Kapanewon Turi mendapatkan sosialisasi terlebih dahulu dari Puskesmas Turi pada Rabu 3 Maret 2021. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa vaksinasi covid-19 dapat melindungi diri dari terpaparnya virus atau melindungi dari terjadinya dampak berat akibat  terpapar virus covid-19. Meskipun demikian, setelah menjalani vaksinasi diwajibkan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Vaksinasi covid-19 bagi pegawai di lingkungan Kapanewon Turi dilakukan di pagi hari. Sebelum menyuntikkan vaksin, dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas medis untuk mengetahui apakah pegawai tersebut aman untuk menerima vaksin atau tidak. Pengecekan kesehatan ini dapat menanggulangi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berat bagi penerima vaksin.

Salah Satu PNS Kapanewon Turi Menunjukkan Kartu Vaksinasi

Setelah menerima vaksin, dilakukan observasi selama kurang lebih 30 menit terhadap penerima vaksin untuk mengetahui KIPI pada masing-masing individu. Tidak terdapat KIPI yang berat pada mayoritas pegawai.

“Saya sesudah vaksin tidak merasa pusing, tidak sakit. Saya hanya merasa lapar dan mengantuk.” ujar Azwar Effendi, S.H., salah satu pegawai di Kapanewon Turi. Selanjutnya demi mengoptimalkan kinerja vaksin, diharapkan untuk melakukan vaksin booster atau vaksinasi ulangan 2 minggu setelah vaksinasi pertama.  [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*