Sosialisasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Kapanewon Turi mengadakan sosialisasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)  pada tanggal 24 Februari 2021 di Aula Kapanewon.

Acara ini dihadiri oleh para pemilik usaha mikro kecil di Kapanewon Turi yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau IUMK. Dalam acara tersebut dijelaskan oleh Rachmad Widaryanto, S.P. selaku kepala Jawatan Kemakmuran bahwa IUMK merupakan tanda legalitas kepada pelaku usaha dalam bentuk satu lembar ijin usaha. “Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha dalam pengembangan usahanya,” lanjutnya.

Peserta Sosialisasi IUMK

Selain itu, tujuan perlunya pelaku usaha memiliki izin usaha antara lain adalah untuk mendapatkan pendampingan dan pengembangan usaha, juga untuk memperoleh kemudahan dalam akses pembiayaan dan pemberdayaan. Pemberian IUMK ini tidak menghapus kewajiban bagi pelaku usaha untuk memiliki perizinan yang lain sebagaimana diatur dalam perundang-undangan, kecuali Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Cara memperoleh IUMK diatur dalam PERMENKOUKM No. 2/2019. Tugas Kapanewon dalam hal ini adalah untuk melakukan pendampingan pendaftaran dan penerbitan IUMK. Proses tersebut tidak dikenakan biaya, retribusi, dan/atau pungutan.

Adapun syarat administrasi permohonan pendaftaran IUMK adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Akun email aktif
  3. Surat keterangan usaha dari Kalurahan tempat usaha

Pengisian data dilakukan secara online melalui Online Single Submission (OSS), sedangkan IUMK dan NIB dapat dicetak secara mandiri oleh pemohon. [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*