Anak Turi menjadi Duta Anak Sleman

Duta Anak Sleman

Pemerintah Kabupaten Sleman mengadakan Pengukuhan Duta Anak Sleman tahun 2021 pada Kamis, 18 Februari 2021 di Ruang Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

Duta Anak Sleman dipilih dari Forum Anak Sleman yang merupakan himpunan dari Forum Anak tingkat Kapanewon se-Kabupaten Sleman. Forum Anak merupakan wadah partisipasi anak dalam pembangunan, lembaga perwakilan kelompok kegiatan atau organisasi anak sesuai jenjang administrasi pemerintah, dibina oleh pemerintah.

Pemasangan selempang Duta Anak Sleman

Forum anak berfungsi sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor) mulai dari tingkat terendah (kalurahan) hingga nasional. Dengan adanya Forum Anak, diharapkan dapat mempelopori kegiatan-kegiatan positif di kalangan anak-anak usia di bawah 18 tahun. Salah satu usaha untuk menjalankan tugas dan fungsi Forum Anak, dipilihlah duta anak tingkat Kabupaten Sleman sejumlah 10 anak.

Muhammad Al Kahfi, salah satu Duta Anak Sleman dari Kapanewon Turi

Pada tahun 2021 ini, salah satu Duta Anak Kabupaten Sleman berasal dari Kapanewon Turi yaitu Muhammad Al Kahfi putra dari Bapak Eko Mulyono dan Ibu Tri Hanamurti. Kahfi, begitu sapaan akrabnya, saat ini sedang duduk di kelas X SMA Negeri 2 Sleman. Anak yang lahir pada tanggal 4 Februari 2005 ini tinggal di Ponosaran Lor, Girikerto, Turi. Selain aktif di Forum Anak Sleman, Kahfi juga aktif di organisasi Forum Anak Turi.

Dikutip dari Radar Jogja Channel, dr. Mafilindari Nurain, M.Kes selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menyampaikan bahwa pengukuhan Duta Anak Sleman sangat bagus untuk menggali potensi anak. “Bisa sama-sama membantu memecahkan masalah di Kabupaten Sleman ini dan diharapkan kelak mampu menjadi pemimpin yang mengerti kondisi wilayah,” imbuhnya. [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*