Musrenbang RKPD Kapanewon Turi Tahun 2022

Musrenbang RKPD Kapanewon Turi Tahun 2022

Kapanewon Turi mengadakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) pada hari Rabu, 27 Januari 2021.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Salah satu tahapannya adalah Musrenbang Kecamatan (Kapanewon), yaitu forum musyawarah pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan didasarkan pada masukan dari desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas-desa di kecamatan yang bersangkutan (Bappenas, 2008).

          Untuk usulan pembangunan tahun 2022, Kapanewon Turi telah melaksanakan Musrenbang tingkat Kapanewon pada tanggal 27 Januari 2021 di Pendopo Desa Wisata Pulesari, Wonokerto, Turi. Musrenbang pada kesempatan ini dihadiri langsung oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sleman, Haris Sugiharto, beserta wakil dan anggotanya. Turut hadir pula perwakilan dari dinas-dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Badan Penaggulangan Bencana Daerah, dan lain-lain. Selain itu, turut hadir pula perwakilan dari masing-masing Kalurahan dan Unit Pelaksana Teknis tingkat Kecamatan.

Tema yang diusung dalam musrenbang tahun 2022 adalah “Mempercepat Kebangkitan Ekonomi dan Pemulihan Kondisi Sosial Masyarakat Sleman”. Hal ini sesuai dengan kondisi perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat terkini yang terdampak oleh pandemi covid-19. Adapun prioritas pembangunan tahun 2022 antara lain adalah kesejahteraan masyarakat, kesehatan, pendidikan, pelayanan publik, infrastruktur, kebudayaan, dan lingkungan hidup. Dengan demikian, pembangunan yang diharapkan tidak hanya seputar pembangunan fisik atau infrastruktur saja, tetapi juga menjadi lebih luas ke dalam pembangunan non-fisik.

Pemaparan Usulan Program oleh Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Turi

Diharapkan dengan adanya musrenbang tahun ini dapat menciptakan sinergi pembangunan dari tingkat pemerintahan paling rendah hingga ke pusat, sehingga dapat mencapai cita-cita pembangunan tahun 2022 yaitu membangkitkan perekonomian dan memulihkan kondisi sosial di masyarakat. [Putri DK]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*