Perempuan Indonesia Maju dan Mandiri

Sosialisasi Desa Prima di Bangunkerto
Sosialisasi Desa Prima di Bangunkerto

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sleman  pada hari Selasa (15/092020) melaksanakan sosialisasi Desa Prima yang bertempat di Desa Bangunkerto.

Sosialisasi Desa Prima di Bangunkerto

Desa Prima merupakan salah satu program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam suatu wilayah melalui peningkatan ekonomi dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia agar tercipta  Perempuan Indonesia Maju dan Mandiri (Prima).

Sasaran Desa Prima adalah kaum perempuan di wilayah-wilayah yang masuk kategori miskin yang berusia 18-60 tahun. Berasal dari Keluarga Pra sejahtera atau terancam miskin. Memiliki usaha yang sedang berjalan. Merupakan Kepala Keluarga. Mampu membaca dan menulis.

Di tahun 2020 selain Desa Bangunkerto,  yang disasar program Desa Prima di wilayah Kecamatan Turi adalah Desa Girikerto. Kedua desa ini telah dinobatkan menjadi Desa Mandiri Budaya.

Tiap kelompok Desa Prima mendapatkan modal 25 juta untuk usaha yang hasilnya bisa untuk menambah pendapatan keluarga. Satu kelompok beranggotakan 25 orang. Dimana struktur organisasinya terdiri dari ketua sekretaris, dan bendahara. Sebagai pelindung adalah kepala desa sedangkan pembinanya adalah ketua TP PKK dan Kasi Pelayanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*