PROKASIH dan Penanaman Bibit Pohon di Bantaran Kali Duren Daleman Girikerto

PROKASIH (Program Kali Bersih) adalah program kerja pengendalian pencemaran air sungai dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Prokasih di Bantaran Kali Duren Daleman

Pelaksanaan Prokasih berasaskan pelestarian fungsi lingkungan perairan sungai untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.

Komunitas Dulur Uceng dan Warga Masyarakat Daleman

Prokasih di bantaran kali Duren Dusun Daleman Desa Girikerto dilaksanakan pada hari Minggu (26/07/2020).

Tujuan Kegiatan Program Kali Bersih ini berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 35 Tahun 1995 tentang Program Kali Bersih yang disahkan pada tanggal 25 Juli 1995 adalah sebagai berikut :

  1. Tercapainya kualitas air sungai yang baik, sehingga dapat meningkatkan fungsi sungai dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
  2. Terciptanya sistem kelembagaan yang mampu melaksanakan pengendalian pencemaran air secara efektif dan efisien.
  3. Terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam pengendalian pencemaran air.

Kegiatan Prokasih dan Penanaman bibit pohon Beringin dan Gayam dilakukan oleh Komunitas Kali Adem (Dulur Uceng) bersama dengan FKSS dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman dalam rangka konservasi sungai.

Penanaman Bibit Pohon Beringin dan Gayam

Program Kali Bersih di Bantaran Kali Duren ini yang diinisiasi oleh Komunitas Dulur Uceng brsama warga Daleman dihadiri oleh Babinkantibmas Desa Girikerto, Kepala Dukuh Daleman, Ketua RW dan RT Somoitan dan Daleman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *