Peran Strategis Satlinmas di Kecamatan Turi

Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau sering disebut juga dengan Pertahanan Sipil (Hansip) merupakan Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

 

                 Satlinmas Kecamatan Turi

Fungsi Linmas memberikan perlindungan masyarakat merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh, dengan demikian pembinaan terhadap Linmas sejak 2004 dilaksanakan oleh pemerintah daerah di bawah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Keberadaannya yang dekat dengan masyarakat diharapkan mampu membantu pemerintah daerah, Polisi dan TNI. Berdasarkan permendagri No.84 tahun 2014 pasal 1 ayat 1 Penyelenggaraan perlindungan masyarakat adalah pengorganisasian dan pemberdayaan perlindungan masyarakat.

Sishankamrata merupakan sistem keamanan dan pertahanan yang melibatkan seluruh elemen warga Negara.

Komponen sishankamrata adalah pertanahan militer yang meliputi TNI dan POLRI dan non militer yaitu rakyat Indonesia.

TNI berfungsi sebagai alat pertahanan NKRI sedangkan POLRI berfungsi mengatur keamanan dan ketertiban masyaakat.

TNI dan POLRI adalah komponen utama dalam sishankamrata sedangkan rakyat Indonesia adalah komponen pendukung.

Dalam hal mewujudkan sishankamrata ini, dibentuklah hansip atau linmas sebagai komponen masyarakat yang bekerjasama dengan TNI dan POLRI dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*