SEKOLAH JUMAT DI KECAMATAN TURI

“Sekolah Jumat” yang dikelola Ibu-ibu TP PKK Kecamatan Turi pada Jumat (07/02/2020) bekerjasama dengan Petra Asesoris Yogyakarta yang beralamat di Jalan ketandan Malioboro Yogyakarta melaksanakan pelatihan pembuatan bros dagu. Acara ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Turi.

Praktek Pembuatan Bros Dagu

Pelatihan pembuatan bros dagu dari aklirik ini di pandu oleh Ibu Khoirunisa dan Ibu R Himmatul’izzah dari Petra Assesoris Yogyakarta.

Ibu Nisa dan Ibu Izzah sebagai Narasumber

Bahan yang digunakan adalah Bros bunga yang sudah ditempelkan peniti dengan menngunakan lem tembak, aklirik Mutiara imitasi 1 buah, Aklirik kristal tetes 2 buah, aklirik lonceng 8ml sebanyak 2 buah, paku-pakuan (tumpul 3 buah, paku sembilan yang sudah ada lubangnya 3 buah, ring/bulatan kecil-kecil sebanyak 4 buah dan rantai 1 buah. Sedangkan alat yang digunakan hanya tang kecil.

Bahan dan Alat Pembuatan Bros Dagu

Ibu TP PKK Kecamatan Turi sangat bersemangat dalam pelatihan pembuatan bros dagu ini karena dengan bermodal Rp. 3000,00 bisa dijual dengan harga Rp.10.000,00-Rp.15.000,00 per buahnya tergantung kualitas bahan aklirik yang digunakan.

Hasil Karya Ibu TP PKK Kecamatan Turi

Langkah pembuatan Bros dagu ini adalah sebagai berikut ; teknik dasarnya adalah membulatkan paku dengan tang. kemudian langakah pertama mengambil aklirik tetes sebanyak 1 buah dan paku tumpul mengerucut ke atas, lalu paku dibengkokkan kurang lebih 90 derajat seperti tanda tanya. selanjutnya langkah kedua dimasukkan ujung rantai dan ditutup rapat dan ulangi pada ujung rantai yang satunya. Kemudian langkah ketiga mengambil  ring 1 biji, membuka ring kedepan dan belakang lalu dimasukkan ke bagian tengah rantai, dan dimasukkan aklirik lonceng kanan dan kiri. diulangi dampai empat pasang. Selanjutnya paku sembilan yang pendek dan bulatan kristal dibuat seperti teknik dasar dan disambungkan dengan rangkaian sebelumnya. Selanjutnya ulangi langkah kelima. Terakhir satukan bros bunga dengan rangkaian . Bros siap digunakan.

Bros Dagu Siap Digunakan

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*