Pelaksanaan pesta demokrasi untuk pemilihan legistatif tahun 2014 telah dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia. Tanggal 09 April 2014 merupakan tanggal yang telah dinantikan warga masyarakat Kecamatan Turi yang mempunyai hak pilih untuk menyalurkan aspirasi politik di TPS yang tersedia. Pelaksanaan pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. Jumlah daftar pemilih tetap per 06 Februari 2014 sebanyak 26.276 orang yang tersebar di 4 desa, antara lain Desa Bangunkerto sebanyak 6.713 orang, Desa Donokerto sebanyak 6.498 orang, Desa Girikerto sebanyak 5.839 dan Desa Wonokerto sebanyak 7.226 orang. Jumlah TPS ada 76 tempat, tersebar di 4 desa dengan perincian sebagai berikut Desa Bangunkerto sebanyak 21 TPS, Desa Donokerto sebanyak 19 TPS, Desa Girikerto sebanyak 16 TPS dan Desa Wonokerto sebanyak 20 TPS.

Pada pukul 07.00 WIB kotak suara dibuka secara serempak, pemilih yang membawa undangan untuk melakukan pencoblosan mendaftar ke KPPS pada bagian pendaftaran untuk menunggu panggilan untuk masuk ke bilik suara dan melakukan pencoblosan sesuai dengan pilihan ,masing-masing dan bersifat rahasia.

Dalam pelaksanaan pemilu legistatif terdapat beberapa kendala di lapangan diantaranya Di TPS Nangsri dan Klopo sawit masih terdapat kekurangan kertas suara sebanyak 205 lembar untuk DPRD Propinsi, Desa Donokerto terdapat kekurangan Surat Suara sebanyak 14 lembar untuk DPRD Propinsi, Desa Kelor terdapat kekurangan surat suara sebanyak 37 lembar untuk DPRD Kabupaten. Sedangakan di Desa Kemirikebo terdapat kekeliruan distribusi surat suara sebanyak 18 lembar, dimana surat suara tersebut merupakan daerah pemilihan 5, seharusnya yang benar adalah daerah pemilihan 6.

Sementara itu, rata-rata jumlah pemilik yang menggunakan hak pilihnya kurang dari DPT. Artinya masih banyak warga yang tidak menggunakan hak pilihmya. Hanya beberapa TPS saja yang jumlah pemilih hadir melampaui DPT. Selain tingkat partisipasi pemilih kurang, hinggga berita ini diturunkan masih berlangsung perekapan dan perhitungan suara oleh PPS yang juga diawasi para saksi, panwascam, dan saksi dari parpol, anggota linmas, POLRI dan TNI.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *